slider-image

Sertifikasi Internasional Kemampuan Bahasa Inggris TOEIC 2021 di SMK Negeri 1 Banda Aceh

blog-img

 

Direktorat SMK, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI senantiasa melakukan upaya strategis untuk memastikan lulusan SMK memiliki daya saing yang kuat di dunia kerja. Di antara program nyata yang secara konsisten digelar adalah program sertifikasi internasional kemampuan Bahasa Inggris bagi siswa SMK dengan TOEIC (Test Of English for International Communication). Bahkan disaat pandemi Covid-19 melanda Indonesia sejak tahun lalu, salah satu program yang tetap menjadi prioritas untuk dijalankan adalah sertifikasi TOEIC bagi siswa SMK.
Pada tahun 2021 ini, Direktorat SMK kembali menggelar kegiatan Sertifikasi TOEIC bagi siswa SMK yang pendaftarannya dibuka bulan April tahun ini. Berbagai tahapan program telah dilalui mulai dari Sosialisasi, Pendaftaran, dan Seleksi VIERA. Di bulan Juli ini, telah dimulai pelaksanaan tahapan utama yaitu Sertifikasi TOEIC.
SMK Negeri 1 Banda Aceh telah mengikutsertakan sebanyak 190 siswa untuk mengikuti seleksi VIERA dan yang diumumkan lolos seleksi ada sejumlah 44 siswa serta memperoleh kuota untuk guru 4 guru, Jadi total peserta TOEIC di SMKN 1 banda Aceh pada tahun 2021 adalah 48 peserta. Sebelum para siswa menjalankan ujian bahasa Inggris internasional dengan TOEIC, ada periode Pembelajaran yang diberikan oleh tim Fasilitasi Sertifikasi TOEIC selama kurang lebih satu bulan. Selama periode Pembelajaran, siswa bisa mengikuti sesi video conference dengan ETS Approved Facilitator—Ibu Hafilia R. Ismanto dan tim melalui Zoom dan live streaming YouTube. Paket materi pembelajaran dan persiapan TOEIC juga diberikan dalam bentuk TOEIC Practice Book-Digital Version agar siswa-siswa kami siap menghadapi ujian.
Pada tanggal 15 Juli 2021, SMK Negeri 1 Banda Aceh melaksanakan Sertifikasi TOEIC bagi siswa kami yang lolos seleksi. Persiapan laboratorium untuk tes dilaksanakan sehari sebelum pelaksanaan yaitu pada tanggal 14 Juli 2021, tidak ada kendala yang berarti pada saat melakukan penginstalan program dikarenakan aplikasinya tergolong simple, hanya saja sedikit membutuhkan waktu karena melakukan hal yang sama pada banyak perangkat PC. Laboratorium yang digunakan untuk tes ada dua yaitu, Lab TKJ dan Lab Simdig. Sedangkan pada saat pelaksanaan tes ada beberapa siswa mengalami error pada saat finish sehinga ada sedikit kekhawatiran pada siswa. Namun hal itu itu dapat teratasi dengan baik. Pelaksanaan tes dipantau secara langsung dari pusat melalui system online proctoring melalui system google meet.
Berikut kami sampaikan testimony dari siswa dan guru kami. “Menurut saya tes TOEICT sangat bermanfaat, karena selain kita mengetahui kemampuan kita, kita juga mendapatkan pengalaman tentang bagaimana cara mengikuti tes tersebut sehingga bisa lebih baik kedepannya, tidak ada kendala yang berlebih tetapi ada sedikit masalah saat mengakhiri ujiannya, tapi semuanya baik-baik saja. Harapan saya untuk saya pribadi yaitu kedepannya saya bisa mengikuti tes ini dengan nilai yang lebih baik dari sebelumnya sehingga dapat berguna untuk masa depan saya. Tes TOEIC ini sangat bermanfaat bagi siswa SMK untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris sehingga nantinya kita siap berkomunikasi dan memahami bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari dan khususnya dalam bidang perkerjaan.” M. Arkan Haris menyebutkan setelah kegiatan tes selesai dilaksanakan.
“TOEIC merupakan salah satu sertifikasi bahasa asing yang diakui secara internasional. Untuk itu pelaksaan TOEIC disekolah sangat bermanfaat untuk guru dan siswa. Guru dapat mengetahui tingkat kemampuan bahasa inggrisnya secara listening dan reading sehingga dapat meningkatkan kemampuannya. Bagi siswa, sertifikat yang diperoleh dapat dipergunakan sebagai nilai tambah untuk memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi keahliannya. Harapan saya agar pelaksanaan tes TOEIC ini dapat terus dilanjutkan di masa yang akan datang dan tentu saja saya mengharapkan agar mendapat score yang lebih baik karena score tinggi juga merupakan sebuah motivasi agar saya dapat lebih meningkatkan kompetensi bahasa Inggris saya. Terima kasih TOEIC Center.” Ibu Eva Amayla, S. Pd, selaku guru bahasa Inggris dan wakil kepala sekolah bidang kesiswaan di SMK Negeri 1 Banda Aceh menyampaikan. (AI-27 July 2021)